Kelapa (bagian 2): Manfaat Keseluruhan Pohon Kelapa

Sebagian besar dari qta, ane yakin, sudah tahu dan paham serta memanfaatkan hampir seluruh bagian dari pohon kelapa. Memang luar biasa ciptaan Allah yang satu neh (semua juga luar biasa kalee :) ). Sekarang coba qta bedah. Seperti biasa, artikel ini ane sarikan dari berbagai sumber yang tentu saja ane pahami

Hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat kita manfaatkan. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedyatmo. Batangnya, yang disebut glugu dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah. Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur).

Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu. Tandan bunganya, yang disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma), dipakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Bunga betinanya, disebut bluluk (bahasa Jawa), dapat dimakan. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga, disebut (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dapat diminum sebagai penyegar atau difermentasi menjadi tuak. Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. Sabut, bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai bentuk kerajinan tangan.

Es kelapa muda atau es degan. Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok (“daging buah kelapa“) adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor.

Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini

juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai, disebut kopra. Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua kelapa biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri

kopra. Namun demikian dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar.

 

Nah, karena sudah banyak sekali orang yang menyadari kehebatan tanaman ini, maka wajar jika kemudian muncul penelitian2 untuk mendapatkan hasil yang lebih dan lebih valid lagi tentang manfaat bagian2 dari pohon ini. Hasilnya adalah munculnya industri2 yang mengolah dan/ atau menjual hasil dari penelitian mereka tersebut. So, usaha industri terkait pohon ini nggak cuma jualan kayu/ glugu nya aja, namun seperti qta lihat sekarang berbagai jenis olahan minyak kelapa untuk minyak goreng semakin bervariasi dengan kelebihan teknologi masing2 perusahaan. Qta juga tau banyak industri nata de coco bahkan tingkat rumah tangga pun bisa membuatnya. Juga, munculnya industri2 kosmetik yang mengambil manfaat dari virgin coconut oil nya, sekarang sangat marak. Apalagi sih yang nggak masih membuat qta ragu buat selalu bersyukur sama Allah..? Subhanallah..

Untuk gambar2 yang lebih komplit dari pohon kelapa, ane sediain di Halaman Galeri. Moga bermanfaat ye.

By Pena Muda Bangsa

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: