Tanaman Padi itu Super Bermanfaat Lho!

Coba perhatikan materi artikel ini nih.

Petani membakar jerami di tempat setelah beberapa hari padi dipanen dan sebagian petani memotong jerami dan menimbunnya di pinggir petakan sawah lalu membakarnya.Tanpa disadari petani, tujuan membakar jerami di tempat adalah untuk mengembalikan hara dari jerami ke dalam tanah, mematikan hama yang tertinggal pada jerami, mematikan patogen penyakit dan memusnahkan gulma. Namun tujuan utama petani membakar jerami adalah menyingkirkan jerami dari petakan sawah dengan cara yang praktis dan belum mempertimbangkan untung rugi atas tindakan pembakaran jerami.

Tidak semua hama tanaman akan mati pada saat jerami dibakar karena hama dewasa dapat berpindah tempat. Tikus akan masuk ke liang dan beberapa jenis gulma seperti rumput teki (Cyperus rotendus), tidak mati pada saat jerami dibakar. Sebaliknya, parasit dan predator yang berfungsi sebagai musuh alami hama dan penyakit justru mati pada saat jerami terbakar sehingga berpengaruh negatif terhadap keseimbangan hayati. Demikian juga mikroba yang berguna dalam proses biologis, seperti perombak bahan organik, pengikat nitrogen dan mikroba yang memiliki fungsi biologis lain akan ikut mati dan sukar tergantikan keberadaannya.Pada umumnya petani belum memperlakukan jerami sebagai bagian integral dari usahatani padi.

Hak kepemilikan jerami di sawah tidak jelas, kecuali pada kasus tertentu dan mereka menyatakan jerami padinya akan digunakan sendiri. Oleh karena itu para pencari jerami memanfaatkan potensi ini dan jerami yang mereka dapatkan dengan gratis dijual kepada pihak yang memerlukan. (dikutip dari situs sinartani)

Kenyataan, bukan? Wah, eman2, padahal tanaman padi itu Super manfaat Lho!

Pastinya, sebagian dari kita pasti udah tahu klo tanaman padi itu nggak cuma bermanfaat pada hasil olahannya saja, yaitu beras, namun tanaman ini memberi manfaat dari akar hingga ujungnya. Sayangnya, masih cukup banyak petani (dan yang bukan petani tentunya) belum sadar akan kemanfaatan tanaman padi secara menyeluruh. Kita akan membahasnya sedikit demi sedikit, klo masih kurang komplit, temen2 atau siapapun pembaca yang budiman bisa menambahkan info terkait melalui kontak admin blog ini/ lewat kolom komentar. Yuk cekidot of d’ lis ..  :)

Potensi pemanfaatan jerami padi

  1. Sumber hara tanaman
  2. Sumber bahan organik dan pembenah tanah
  3. Jerami sebagai bahan kompos
  4. Meningkatkan hasil tanaman
  5. Konservasi lahan
  6. Sumber pakan ternak
  7. Jerami sebagai media jamur merang
  8. Retardan dan promotor jasad renik
  9. Bahan bakar dan biogas
  10. Jerami untuk pemeliharaan ikan dan udang
  11. Jerami sebagai bahan baku industri
  12. Bahan penyerap logam berat dalam air loh
  13. +bisa dijadikan media kerajinan (klo yang ini dari aq sendiri, kapan2 qta bedah kerajinan dari jerami yah..insyaAllah)

Subhanallah… luar biasa keren ciptaan Allah swt itu nggak ada yang enggak manfaat (klo yang bikin celaka itu sebenernya ya kita sendiri yang bikin rusak, bener toh?)

Untuk rincian panduannya, temen2 dan anda pembaca yang budiman bisa mendonlod gratis Juknis Pengelolaan dan Pemanfaatan Jerami Padi dengan mengeklik link ini.

__Selamat memanfaatkan jerami__Semangat berkreasi untuk Indonesia lebih baik!__

by Pena Muda Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: