AkPro

Lomba Karya Tulis Unair 2011
Deadline: 3 April 2011

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Airlangga (Unair) yang ke 23 panitia peringatan akan mengadakan acara Communication Student Summit (CS2) tingkat nasional di Universitas Airlangga.
Untuk menyongsong acara tersebut, panitia mengadakan lomba karya tulis (call for paper) dengan ketentuan sebagai berikut:

Tema: Internet: Dinamika dan Problematika Dalam Masyarakat Indonesia

Peserta: Mahasiswa aktif S1/Diploma (berkelompok max. 3 orang/team) dari segala program studi

Mengirimkan abstrak paper ke commstudentsummit@yahoo.com20 abstrak yang terpilih melajutkan pengiriman abstrak dan full paper (hardcopy & cd) ke Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Unair Kampus B Jalan Dharmawangsa Dalam Surabaya 60286 yang akan dipresentasikan pada CS2 tanggal 14 Mei 2011Abstrak max. 500 kata, full paper min. 20 Halaman (MS. Word 2003, A4, Times New Roman 12, Spasi 1.5, Line spacing after 6pt.)Karya Orisinil, tidak pernah dipublikasikan dimanapun, termasuk blog

Pengumpulan: Pengumpulan abstrak: 21 Maret – 3 April 2011

Pengumpulan abstrak dan full paper: 11 April – 22 April 2011 (cap pos)

Pengumuman abstrak yang lolos: 9 April – 10 April 2011Tidak dipungut biaya (gratis)Hadiah:
Juara 1: Rp. 2.500.000
Juara 2: Rp. 2.000.000
Juara 3: Rp. 1.500.000
Acara di atas diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Airlangga
CP:  0852 3262 2291 (Orrinda)
0856  4943 2517 (Paramita)

Klik Di disini untuk Link Poster Lomba

=================================

Beasiswa Master dan Doktoral ke Prancis

KOMPAS.com – Beasiswa Pemerintah Prancis atau Bourse du Gouvernement Français (BGF) tahun akademik 2011/2012 sudah dibuka. Program beasiswa tersebut diberikan oleh Pemerintah Prancis melalui Kedutaan Besar Prancis di Jakarta.
Beasiswa BGF 2011 ditawarkan kepada para pegawai negeri, dosen, serta mahasiswa, terutama mereka yang terlibat dalam program kerjasama antara Prancis dan Indonesia, untuk mengikuti dua jenis program pendidikan, yaitu Master (full scholarship) dan Doktoral (full scholarship selama 18 bulan).
Bagi yang berminat, juri akan memberikan prioritas kepada kandidat yang telah melakukan identifikasi program, baik Master maupun Doktoral dan yang telah memiliki respon positif atau rekomendasi dari profesor Prancis, atau kandidat yang telah memiliki surat penerimaan.
Adapun skema beasiswa ini meliputi biaya kursus Bahasa Prancis di CCF Jakarta, biaya hidup, asuransi, serta tiket pulang pergi Indonesia-Prancis. Informasi dan formulir aplikasi beasiswa ini bisa segera diunduh di http://indonesia.campusfrance.org.
Aplikasi harus diserahkan paling lambat tanggal 31 maret 2011.

====================

12 Beasiswa Phd ke Italia
Bagi yang sedang termotivasi tinggi melakukan penelitian untuk meraih gelar PhD, saat ini tersedia 12 beasiswa studi selama 3 sampai 4 tahun pada tahun akademik 2011/2012. Beasiswa ini diberikan melalui program-program atau proyek penelitian di Genomic and Molecular Physiology of Fruits (GMPF) atau Fondazione Edmund Mach (FEM), Italia.
Hanya saja, pendaftaran pelamar melalui aplikasi online hanya dibatasi sampai 18 Februari 2011 mendatang. Kandidat terpilih akan langsung diwawancara pada 13-15 April.
Adapun skema beasiswa yang diberikan meliputi tunjangan senilai 20.000 Euro (sebelum dipotong pajak) dan akan diberikan selama tiga tahun, tunjangan perjalanan dan ongkos-ongkos penggantian ke partner-partner institusi pemberi beasiswa.
Informasi mengenai beasiswa ini bisa dilihat di http://www.gmpf.eu.
=================================
Zhejiang University Tawarkan S-2 dan S-3
Chinese Government Scholarship-University Postgraduate Study Program (CGS-UPSP) yang dibentuk oleh Kementrian Pendidikan China menawarkan beasiswa kepada mahasiswa Internasional, termasuk pelajar Indonesia, untuk meraih gelar S-2 dan S-3 di Zhejiang University, China.
Untuk tahun akademik 2011/2012 ini CGS menyediakan 30 beasiswa program S-2 dan S-3. Skema beasiswa yang ditawarkan antara lain biaya pendaftaran dan biaya kuliah, peralatan laboratorium, asrama, tunjangan hidup sebesar CNY 2,000 per bulan untuk program S-3 dan CNY 1,700 per bulan untuk program S-2, dan lain-lainnya.
Bagi yang berminat, informasi detail mengenai studi, skema beasiswa dan syarat pendaftaran program beasiswa ini bisa dilihat di http://iczu.zju.edu.cn. Batas terakhir pengiriman aplikasi beasiswa ini ditunggu sampai 10 April 2011.
===============================
Beasiswa PhD Ilmu Komputer ke China
KOMPAS.com – Dalian University of Technology, China, menawarkan dua sampai tiga beasiswa untuk meraih gelar PhD di bidang Ilmu Komputer. Beasiswa ini berlaku untuk tahun akademik 2011/2012.
Beasiswa tersebut ditawarkan The Cyber-Physical Systems (CPS) Research Group at School of Software, Dalian University of Technology (DUT), bagi mereka yang dinilai berpotensi melakukan riset-riset di bidang cyber-physical dan social computing. Beberapa bidang yang menjadi target riset tersebut adalah kesehatan, energi, konsumsi energi listerik, transportasi, dan pendidikan.
Bagi yang berminat, pendanaan program beasiswa ini didukung oleh dana beasiswa pemerintah China dengan skema 2,000 RMB per bulan dan tunjangan asuransi kesehatan.
Adapun pendaftaran beasiswa ini dibuka sampai 28 Februari 2011. Informasi mengenai beasiswa ini bisa dilihat di http://fengxia.net
=======================
Beasiswa Ericsson ke Swedia
Chalmers University of Technology, Swedia, menawarkan beasiswa kepada para pelajar Internasional. Salah satu yang memberi dukungan beasiswa tersebut adalah Ericsson, perusahaan telepon genggam di Swedia.
Tahun ini Ericsson menawarkan beasiswa untuk dua pelajar Internasional untuk meraih gelar Master di bidang Communication Engineering pada musim gugur 2011 nanti.
Sebetulnya, para pelajar yang ingin menempuh studi di Swedia juga bisa melacak bermacam beasiswa yang tersedia di negara tersebut. Salah satunya di Chalmers University of Technology.
Informasi beasiswa ini bisa dilihat di http://www.chalmers.se.
=============================
StuNed “Short Course” ke Belanda

KOMPAS.com – Program beasiswa StuNed – Short Courses 2011 sudah dibuka. StuNed atau Studeren in Nederland atau studi di Belanda merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia.
Melalui program beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan short course di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application dan atau refresher course.
Bagi yang berminat, syarat utamanya adalah Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri. Pendidikan minimal kandidat adalah S-1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK minimal 2,75) dan diterima di salah satu program master yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda. Ini pun harus dibuktikan dengan Surat Penerimaan (admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
Informasi penting mengenai syarat, program studi, formulir pendaftaran, dan lain-lain mengenai beasiswa ini bisa dilihat dan diunduh di http://www.nesoindonesia.or.id/ atau http://www.studyinholland.nl. Atau, bisa juga dilihat di rubrik Edukasi Kompas.com.
Adapun batas akhir pendaftaran sampai 1 Maret 2011 untuk jadwal short course yang dimulai antara 1 Juli – 31 Desember 2011 dan 1 Oktober 2011 untuk jadwal short course yang dimulai antara 1 Januari – 30 Juni 2012.
Info tambahan:
Batas penyerahan aplikasi beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) diperpanjang sampai 30 April 2010 mendatang. Profesional muda perempuan yang mendaftar beasiswa ini akan diutamakan.
Demikian pengumuman ini disampaikan oleh Kedutaan Besar Kerajaan Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia di Jakarta, Rabu (3/3/2010). Setiap tahunnya, antara 150-200 beasiswa penuh ini ditawarkan kepada para profesional muda yang berkecimpung dalam pembangunan Indonesia.
Kandidat yang dicari untuk mengisi beasiswa ini adalah mereka yang berkomitmen tinggi meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi dari mitra Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda, serta meningkatkan efektivitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.
Hanya, prioritas beasiswa ini akan diberikan kepada calon peserta yang berasal dari organisasi-organisasi lokal yang bermitra dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda seperti departemen, lembaga pemerintah non departemen, pemerintah daerah, LSM, bahkan dari sektor swasta yang memiliki keterkaitan erat dengan isu-isu pembangunan yang relevan dengan Multi-Annual Strategic Plan (MASP) 2008-2011 Kedutaan Besar Kerajaan Belanda.
Perempuan diprioritaskan
Beasiswa ini bahkan diprioritaskan untuk diberikan kepada para kandidat perempuan dan calon peserta dari luar Pulau Jawa. Siapa kandidatnya?
Beasiswa StuNed diperuntukkan khusus untuk para profesional Indonesia dengan masa kerja minimum dua tahun di tempat kerja terakhir, bukan masa kerja kumulatif. Hanya, sektor-sektor yang diprioritaskan dari program beasiswa ini adalah pendidikan, good governance, iklim investasi, manajemen air, penyediaan air bersih dan sanitasi, lingkungan (fokus pada gambut), serta energi berkelanjutan.
Setelah menyelesaikan studi di Belanda, penerima beasiswa diharuskan kembali ke Indonesia. Adalah kewajiban penerima beasiswa untuk meneruskan komitmennya bagi pembangunan melalui institusi tempat mereka bekerja.
Persyaratan Umum
Selain warga negara Indonesia berpendidikan minimal S-1 dari universitas di Indonesia, pendaftar juga harus bisa menunjukkan bukti prestasi akademik dengan IPK minimal 2,75. Dengan pengalaman kerja setelah lulus S-1 minimal 2 tahun di institusi terakhir; pendaftar harus berlatar belakang pendidikan atau bidang yang sesuai dengan pilihan studi program master pilihannya.
Saat ini, pendaftaran beasiswa StuNed sudah dibuka. Batas akhir pendaftaran yang sebelumnya sampai 15 Maret 2010, kini diperpanjang hingga 30 April 2010. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat di http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/beasiswa/stuned
============================
Beasiswa Program Doktoral (S3) ke Belgia
KOMPAS.com — Fakultas Ilmu Ekonomi Terapan, University of Antwerp, Belgia, menawarkan beasiswa penelitian program doktoral (S-3) di unit penelitian jurusan Marketing dan Riset Statistik Bisnis.
Terkait penawaran posisi tersebut, beberapa job description bagi kandidat yang berhasil memenuhi persyaratan beasiswa ini. Pertama, kandidat diminta mempersiapkan dan mengerjakan tesis terkait penelitian di unit tersebut untuk meraih gelar PhD.
Kedua, kandidat harus berkontribusi nyata pada penelitian tersebut, dan ketiga menulis artikel ilmiah terkait tema tesis yang dibuatnya itu. Untuk itu, syarat yang diutamakan bagi para kandidat adalah telah memiliki gelar S-2 atau gelar setara di bidang bisnis/ekonomi, perdagangan, ekonometri, atau ilmu statistik.
Bagi yang berminat, informasi mengenai skema beasiswa dan syarat pendaftarannya bisa dilihat http://www.ua.ac.be. Batas akhir pendaftaran dibuka sampai 1 September 2011.
Sumber: edukasi.kompas.com 

============================
Beasiswa S2 dan S3 ke Korea Selatan
KOMPAS.com – Ajou University, Korea Selatan, kembali memberikan beasiswa kepada pelajar/mahasiswa Indonesia untuk tahun akademik 2011/2012. Beasiswa tersebut digelontorkan oleh Korean Government Scholarship Program (KGSP) bagi para pelajar asing, baik untuk program S-2 maupun S-3 melalui program Global Korea Scholarship atau GKS.
Bagi kandidat yang melamar melalui universitas akan ditunjuk sebanyak 5 orang penerima beasiswa, sedangkan yang  melalui Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia sebanyak 2 orang, serta melalui Pemerintah Korea (NEEID) sebanyak 2 kandidat. Adapun NIIED (http://www.niied.go.kr/) atau National Institute for International Education adalah lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah untuk menyeleksi universitas-universitas yang bisa menerima beasiswa ini.
Skema beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tunjangan hidup, biaya perjalanan pesawat kelas ekonomi, dan lain-lainnya. Adapun besarnya tunjangan bulanan yang diberikan senilai 900,000 won (KRW) per bulan. Sementara itu, tunjangan penelitian diberikan sebesar 210,000 won untuk bidang studi humaniora/ilmu sosial, serta 240,000 won untuk bidang studi sains.
Informasi lengkap mengenai persyaratan, skema beasiswa, serta jadwal pendaftaran bisa segera dilihat dan diunduh di http://www.ajou.ac.kr.
Sumber: edukasi.kompas.com
========================================================
Beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat melalui AMINEF
DEPOK, KOMPAS.com – Program beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang digelontorkan melalui The American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Indonesia kembali dibuka untuk periode 2011/2012. Batas waktu pendaftarannya sampai 30 April 2011, sementara perkuliahan baru akan dimulai pada 2012 mendatang.
Demikian dipaparkan oleh Senior Advisor The American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Indonesia, Antje M Harsono, kepada peserta presentasi Aminef di seminar beasiswa Fulbright di “UI Career & Scholarship Expo XI” di Balairung UI, Kampus UI, Depok, Kamis (10/2/2011).

“Tahun lalu ada 120 beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa Indonesia untuk seluruh jenjang studi. Tahun ini bisa lebih atau sama, tetapi jumlah alokasi beasiswa untuk PhD lebih banyak, bisa sekitar 40-an,” papar Antje.
Ia mengungkapkan, pengalokasian itu disebabkan karena sampai saat ini Indonesia masih membutuhkan sumber daya manusia di bidang pengajaran atau dosen yang bergelar S-3. Hal tersebut, lanjut Antje, dijadikan pertimbangan oleh pemerintah AS sebagai pemberi beasiswa yang bekerjasama dengan Direktorat Ketenagaan-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional.
Adapun seperti biasanya, beasiswa Fulbright-Dikti Scholarship Programs 2011 ini ditawarkan kepada masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di jenjang S-2, S-3, riset dan penelitian, serta studi nongelar. Info lebih lanjut: http://www.aminef.co.id
Sumber: edukasi.kompas.com
==================================================
Beasiswa Studi ke Amerika untuk Lulusan SMA, D1, D2, dan D3
KOMPAS.com – Salah satu program beasiswa dalam Fulbright Scholarship yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia adalah Community College Initiative Program (CCIP). Program beasiswa studi nirgelar ini diharapkan dapat dimanfaatkan para pelajar untuk mengembangkan profesionalitas mereka di tingkat community college di Amerika Serikat (AS).
Adapun bidang-bidang studi yang diprioritaskan menerima beasiswa ini adalah pertanian, teknik, bisnis dan administrasi, ilmu kesehatan (keperawatan), teknologi informasi, media, dan manajemen kepariwisataan.
Bagi yang berminat, pelamar disyaratkan memiliki ijazah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Diploma (D-1, D2 atau D3). Syarat lainnya, nilai ITP minimum 500 (IELTS 5.0) atau TOEIC 650.
Memang, lulusan sarjana (S-1) juga diperbolehkan mendaftar. Hanya saja, latar belakang pendidikannya harus berbeda dengan bidang yang akan diambil. Sementara mahasiswa atau lulusan program S-2 atau S-3 tidak dapat mengikuti program ini.
Informasi mengenai beasiswa ini bisa dilihat http://www.aminef.or.id. Batas waktu pengiriman aplikasinya masih panjang, yaitu sampai 1 November 2011.
Sumber: edukasi.kompas.com
======================================
Beasiswa S2 di University of Adelaide, Australia
KOMPAS.com – Tersedia hingga 10 beasiswa bagi pelajar Internasional yang ingin meraih beasiswa pascasarjana di University of Adelaide, Australia, untuk tahun akademik 2011/2012. Beasiswa tersebut diberikan melalui program Adelaide Scholarships International (ASI) untuk studi penelitian bagi pelajar Internasional di University of Adelaide.
Seleksi untuk meraih beasiswa ini sangat selektif dan sangat mengutamakan prestasi akademis. Namun demikian, beasiswa tersebut terbuka untuk berbagai macam disiplin ilmu tanpa mengutamakan prestasi ekstrakulikuler.
Bagi yang berminat, informasi mengenai syarat dan formulir Adelaide Scholarships International (ASI) 2011 ini bisa didapatkan di http://www.adelaide.edu.au. Batas pengiriman aplikasinya ditutup pada 1 Mei 2011 mendatang.
Sumber: edukasi.kompas.com
==================
Beasiswa S2 di Belanda
KOMPAS.com — The Anne van den Ban Scholarship Fund menawarkan “Masters Degree Scholarships” bagi para pelajar dari negara-negara berkembang, termasuk para pelajar di Indonesia. Beasiswa tersebut ditawarkan untuk melanjutkan studi di Wageningen University, Belanda, tahun akademik 2011/2012.
The Anne van den Ban Scholarship Fund sebelumnya dikenal dengan “Stichting Redelijk Studeren”. Nama tersebut diubah kemudian dengan nama Dr Ir Anne van den Ban, seorang profesor pendiri Voorlichtingskunde (Rural Extension) di Wageningen University.
Dua dari beberapa syarat utamanya, kandidat harus memiliki nilai akademis yang baik di kampus asal negaranya. Kandidat juga harus berkomitmen kembali ke negara asalnya dan menuntaskan gelarnya.
Bagi yang berminat, syarat-syarat dan informasi penting mendapatkan beasiswa ini bisa langsung dilihat dan diunduh di http://www.fondsen.wur.nl. Batas waktu pendaftaran beasiswa bagi kandidat dari negara non-EU hanya sampai Mei 2011.
Sumber: edukasi.kompas.com
=======================
Beasiswa S3 di NT, Singapura
SINGAPORE MEMBRANE TECHNOLOGY CENTRE Membranes are fine ‘filters’ capable of
removing salts, organics, virus, bacteria and colloids from water. Membrane research is multidisciplinary involving scientists and engineers in experimental and theoretical work. The Singapore Membrane Technology Centre (SMTC) is established to do fundamental and applied research in membranes for environment and water technology (EWT). The SMTC is part of the Nanyang Environment & Water Research Institute ‘ecosystem’.
The Objectives of SMTCEducation & Training ~ provide PhDs and Researchers in membranes for EWT; Research & Development ~research with links to industry and international community;
Industry & Application ~ act as incubator for novel membrane technology in EWT.
Scholarships for PhDs
PhD scholarships are available in SMTC to work with VPP Prof Harvey Winters and other staff on The Control of Biofouling of Reverse Osmosis Desalination and Reclamation Membranes. This problem is of great importance to the water industry, as biofouling causes
loss of efficiency, higher costs and more energy consumption. Three general project topics are available:
(i) The project will examine the presence of certain organic compounds in the feed water (sea water or wastewater) and their role in the promotion of biofouling. Strategies to limit their effect will be explored.

(ii) This project will examine the role of ‘dormant’ bacteria, widely founding seawater, in the formation of biofouling. The factors that cause resuscitation of these bacteria in desalination plant will be assessed. Methods of limiting their impact will be developed.
(iii) This project will look at the effect of certain additives that appear to reduce the impact of biofouling of desalination membranes. Their use in biofouling control will be optimized.
All three projects will involve laboratory and pilot plant experiments. Required background for PhD applicationA good degree in environmental engineering, bioprocess engineering, chemistry, chemical engineering, or similar is preferred. Knowledge of microbiology would help but is not essential, as appropriate training will be provided. ContactsIf you are interested and eligible you are invited to send by email your CV and transcripts (plus TOEFL and GRE scores, if any) to the following: Deputy Director, Assoc Professor Wang Rong, rwang@ntu.edu.sg
=================================
The British Chevening Awards 2011/2012

Overview
As in previous years we are likely to offer full scholarships for one year Master degrees at United Kingdom universities and other professional institutions. The scholarships would cover living costs, tuition fees and return airfares.
Candidates should be aware that Chevening 2011/2012 is likely to be more closely aligned with delivery of the FCO`s priorities. More information about these is available here.
The Chevening scheme is highly competitive, with only the best applicants invited for interview. We particularly encourage applications from individuals based in eastern Indonesia.
Candidates will need to meet the following basic requirements:
Indonesian or East Timor citizens.
Excellent first degree with a minimum GPA >=3.0.
Good level of spoken and written English language (IELTS 6.5).
Minimum of 2 years full time post-graduate (S1) work experience.
Clear commitment to long-term career development.
Must be able to demonstrate leadership potential and the capacity to play an important role in Indonesia or East Timor`s future development.
We regret that we are unable to accept applications for MBAs.
Previous recipients of a Chevening award are not eligible to apply.
Employees, employee`s relatives (or former employees who have left employmentwithin the last two years) of the FCO, including FCO posts, the British Council or any Chevening sponsors are not be eligible for these awards.
When the review of the Chevening scheme is finalised further details on eligibility criteria and other information relevant to applications will be posted on this page and this link as well as the Chevening Facebook page .
All candidates are encouraged to start researching appropriate postgraduate courses at UK institutions and making applications directly to them as appropriate.
What is Chevening?
The Chevening programme, has, over 26 years, provided more than 30,000 Scholarships at Higher Education Institutions (HEIs) in the UK for postgraduate students or researchers from countries across the world.
Many talented graduates and young professional Indonesians have been supported by the Chevening Programme, which has seen over 1,000 Scholarships awarded to Indonesians since the scheme began in 1984.
Largely funded by the Foreign and Commonwealth Office (FCO), the Scholarship scheme also receives significant contributions from HEIs and other organisations in the UK, and from a wide range of overseas sponsors including governmental and private sector bodies, with which the FCO or its overseas Posts have partnership agreements.
The programme is managed by us, on behalf of the FCO, both in the UK and overseas.
Chevening scholarships 2011/12 and beyond
The deadline for applications for 2011/12 Chevening Scholarships in Indonesia and East Timor is 28 February 2011.
Applications 2011/2012 Chevening scholarships should be made via this website. https://www.chevening.fco.gov.uk/CheveningApplications/CA_Start.aspx

Sumber:  Situs Rumah Beasiswa

================================================
Job Vacancy – Indonesia Mengajar, Training Facilitator 2011
Assalamualaikum wr.wb.
Dear All,
Mohon bantuannya untuk menyebarluaskan info job vacancy untuk training facilitator dibawah ini. Trimsss.. ^__^

Job Vacancy – Indonesia Mengajar, Training Facilitator 2011

Posisi : FASILITATOR PELATIHAN INTENSIF

Organisasi : Indonesia Mengajar

Lokasi : Jakarta dan Bogor

Kontrak : 3 bulan (April – Juni 2010)

Indonesia Mengajar (IM) adalah gerakan bersama masyarakat yang berikhtiar untuk ikut berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai wujud upaya melunasi janji kemerdekaan. Indonesia Mengajar merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai Pengajar Muda (PM) di Sekolah Dasar dan di masyarakat selama 1 tahun.

Indonesia Mengajar memiliki misi ganda, yaitu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan serta menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi anak-anak muda terbaik Indonesia agar memiliki kompetensi kelas dunia dan pemahaman akar rumput.

Untuk melaksanakan kegiatan di daerah yang cukup berat dan menantang maka para PM akan dilatih secara intensif selama 7 minggu. Tujuan dari pelatihan adalah membekali PM dengan kapasitas dasar terkait kepengajaran dan kepemimpinan sekaligus menyiapkan fisik-mental. Secara umum pelatihan berisikan seri materi terkait kepengajaran meliputi aspek pengetahuan sampai ketrampilan mengajar termasuk praktek mengajar di sekolah dan seri materi kepemimpinan yang diselenggarakan dalam metode beragam, dari sharing session dengan leaders, proyek khusus, dan outdoor activities.

Tahun ini IM akan mengirimkan sampai dengan 200 Pengajar Muda yang dibagi dalam 2 angkatan. Pelatihan intensif akan dikelola dalam sebuah camp dengan peserta maksimal 50 Pengajar Muda untuk tiap camp. Untuk memastikan pesan belajar dan pembekalan tersampaikan, IM memerlukan dukungan beberapa FASILITATOR PELATIHAN INTENSIF yang bekerja sebagai tim.

Deskripsi kerja :

Menyusun rencana fasilitasi pelatihan

Memberikan masukan untuk pengembangan kurikulum pelatihan

Memfasilitasi peserta pelatihan dalam mencapai sasaran pelatihan, termasuk menjadi narasumber atau pelatih bila diperlukan

Melakukan observasi harian akan performa dan pencapaian peserta pelatihan

Mendokumentasikan hasil observasi harian mengenai performa dan pencapaian peserta pelatihan

Melakukan briefing dan debriefing selama pelatihan

Melakukan koordinasi dengan Training Officer  terkait pengelolaan teknis pelatihan

Mengkomunikasikan umpan balik dari peserta untuk perbaikan pelatihan kepada Training Officer

Membantu Training Officer melakukan monitoring atas pelaksanaan kurikulum di dalam kelas

Kualifikasi :

Pendidikan terakhir minimal S1

Memiliki minimal 3 tahun pengalaman kerja sebagai fasilitator pelatihan dengan metode andragogi

Memiliki pengalaman organisasi dan kepemimpinan

Memiliki pengalaman dalam kegiatan pedagogik

Mampu bekerja sebagai tim, memiliki kreativitas tinggi, kemampuan melakukan konseling dan observasi terstruktur, serta mampu mendengarkan secara aktif (active listening)

Bersedia untuk tinggal di asrama bersama dengan peserta pelatihan selama 2 bulan

Mampu membuat rancangan ice breaking yang terdiri dari minimal 10 sesi yang mencakup bahan yang diperlukan, durasi, penjelasan pelaksanaan, daninsight dari sesi tersebut.

Silahkan kirim Candidate Portfolio Form yang telah dilengkapi  via email : rekrutmen@ indonesiamengajar.org paling lambat tanggal 6 Maret 2011. Formulir tersebut dapat diunduh di : http://www.indonesiamengajar.org

Regards,

RR.Ria Dwi A (Rere)

Indonesia Mengajar

====================================

Beasiswa Pengajar Bahasa ke Amerika Serikat

KOMPAS.com – Salah satu beasiswa yang ditawarkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam program beasiswa Fulbright 2011 ini adalah Fulbright Foreign Language Teaching (Indonesian) Assistant atau FLTA. Beasiswa ini ditawarkan kepada para pengajar Bahasa Inggris atau calon pengajar untuk mengikuti pelatihan pengajaran Bahasa Inggris.
Program beasiswa pelatihan ini akan dilaksanakan untuk satu tahun akademik atau 9 bulan di Amerika Serikat (AS). Selama itulah penerima beasiswa diwajibkan untuk mengajar bahasa dan budaya Indonesia atau Jawa selama 20 jam setiap minggu. Bagi yang berminat, usia kandidat disyaratkan tidak lebih 29 tahun pada 1 Oktober 2011 mendatang. Kandidat harus sudah lulus sarjana (S-1) dengan IPK menimal 3.0 (skala 4.00) dengan skor TOEFL 550 atau IELTS 6.0. Selain itu, kandidat juga harus mempunyai skil kepemimpinan yang cakap dan memiliki pengetahuan seni dan budaya Indonesia yang mumpuni.
Fulbright FLTA merupakan salah satu program beasiswa dari Pemerintah AS yang digelontorkan melalui The American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Indonesia. Selengkapnya informasi syarat dan pendaftaran beasiswa ini bisa dilihat di http://www.aminef.or.id.

Batas pengiriman aplikasi ditunggu sampai 15 April 2011 mendatang.

Sumber: kompas

=============================================

BEASISWA DEPARTEMEN PENDIDIKAN TURKI 2011/2012

Ketentuan Umum
1. Permohonan dan pengumuman beasiswa dilakukan melalui Kedubes Turki di Indonesia

2. Berkas beasiswa para kandidat disampaikan selambatlambatnya tanggal 30 April untuk program Summer Course dan 30 Juni untuk program lainnya (Penelitian, Sarjana dan Pasca Sarjana). Pelamar hanya bisa menerima salah satu dari beasiswa yang ditawarkan

3. Para penerima beasiswa akan mendapatkan visa cuma-cuma dengan ketentuan. Penerima beasiswa Summer Course akan mendapat visa kunjungan wisata untuk 2 bulan. Penerima beasiswa penelitian mendapat visa riset khusus dari Depdiknas Turki. Penerima beasiswa sarjana dan pascasarjana mendapat visa pendidikan

4. Bersama visa diberikan pula surat keterangan penerima beasiswa Depdiknas Turki beserta surat pengantar ke asrama

5. Sesampai di Turki pelajar bersangkutan diharap segera mengurus Buku Izin Tinggal (Ikamet) selambatnya 1 bulan setelah sampai tujuan. Perpanjangan izin tinggal harus dilakukan 1 bulan sebelum habis masa berlakunya dan menjadi tanggung jawab pelajar yang bersangkutan.

6. Calon mahasiswa program sarjana dan pasca sarjana diwajibkan mengikuti dan menyelesaikan kursus bahasa Turki (TOMER) selama 1 tahun dengan prestasi kelulusan “Baik”

7. Setelah menyelesaikan TOMER, calon mahasiswa akan memilih universitas yang akan dituju. Sebelum itu, diharapkan agar calon mahasiswa telah mempersiapkan syarat-syarat khusus yang diminta oleh univesitas bersangkutan. Bagi calon mahasiswa yang bermaksud memilih spesialisasi bidang kedokteran, proses pendaftaran dilakukan calon mahasiswa sendiri termasuk kewajiban mengikuti ujian saringan masuk ke universitas

8. Beasiswa program penelitian ilmiah mensyaratkan penelitian tersebut dilakukan bekerjasama dengan satu universitas tertentu dengan masa penelitian antara 2-8 bulan

9. Program summer course berbentuk kursus bahasa Turki (TOMER) diselenggarakan di Istanbul, Ankara, Izmir, Bursa, Kayseri, Antalya dan Samsun dari 1 Juli sampai dengan 31 Agustus. Jika di kota yang menjadi tujuan peraih beasiswa jumlah peserta summer course tidak memenuhi syarat maka pihak Depdiknas akan memindahkan yang bersangkutan ke kota lain

10. Beasiswa yang diberikan meliputi pembayaran biaya pendidikan, asrama dan asuransi kesehatan

11. Sampai tahun 2010 kisaran besar uang saku untuk penerima beasiswa program sarjana dan summer course 270 TL, program penelitian dan S2 340 TL dan 430 TL untuk program S3

12. Tahun akademik dimulai September setiap tahunnya, penerima beasiswa diwajibkan mendaftar ke institusi pendidikan yang ditunjuk selambatnya pada tanggal 30 Oktober tahun akademik berjalan.

13. Penerima beasiswa dituntut untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu sesuai kurikulum yang berlaku, jika dalam masa itu penerima beasiswa belum berhasil lulus maka akan diberi kelonggaran 2 tahun masa studi tambahan. Jika hingga batas toleransi tersebut penerima beasiswa masih belum lulus maka beasiswa akan dihentikan

14. Mahasiswa dianggap bisa menerima segala persyaratan asrama dan persyaratan beasiswa sebagaimana tersebut dalam dokumen.

Persyaratan Beasiswa

1. Pelamar bukan warga negara Turki

2. Pelamar program sarjana adalah lulusan SLTA yang lulus tidak lebih dari 2 tahun sebelum pengajuan beasiswa dengan usia maksimal 25 tahun.

3. Pelamar program pasca sarjana (Master/Ph.D) adalah lulusan program S1 dengan tahun kelulusan tidak boleh melebihi batas 4 tahun dan batas umur tidak lebih dari 40 tahun pada saat melamar.

4. Calon peneliti adalah lulusan program sarjana dan mampu berkomunikasi dengan bahasa Turki, Inggris atau Perancis dengan baik.

5. Pelamar program Summer Course diutamakan setidaknya mahasiswa tahun ketiga

6. Para pelamar bebas dari penyakit berbahaya menular semisal HIV, Hepatitis C dan sebagainya serta penyakit yang berpotensi menghambat kelancaran studinya selama di Turki.

Berkas yang Diperlukan

A. Program Sarjana

1. Mengisi formulir beasiswa yang dilampiri 1 lembar pasfoto 4×6

2. Fotokopi ijazah 2 lembar

3. Dua berkas fotokopi rapor dan nilai UAN

4. Surat keterangan kesehatan

5. Satu pasfoto ukuran 4×6

6. Fotokopi paspor bagian identitas serta halaman lain yang terdapat stempel resmi di atasnya, jika tidak memiliki paspor dapat melampirkan kartu identitas resmi yang lain

7. Ijazah TOMER jika punya
Catatan: Berkas nomor 2, 3 dan 4 harus diterjemahkan ke dalam salah satu dari bahasa Turki, Inggris atau Perancis. Dokumen-dokumen tersebut harus sudah disahkan pihak berwenang atau oleh Kedutaan Besar Turki.

B. Aplikasi Program Master/Ph.D

1. Mengisi dua lembar formulir beasiswa masing-masing dilampiri pasfoto 4×6

2. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir 2 lembar

3. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir 2 lembar

4. Curriculum vitae 2 lembar

5. Surat rekomendasi dari 2 profesor masing-masing 2 lembar

6. Surat Keterangan Kesehatan

7. Satu pasfoto ukuran 4×6

8. Fotokopi paspor bagian identitas serta halaman lain yang terdapat stempel resmi di atasnya, jika tidak memiliki paspor dapat melampirkan kartu identitas resmi yang lain

9. Ijazah TOMER jika punya

Catatan: Berkas nomor 2 sampai 6 harus diterjemahkan ke dalam salah satu dari bahasa Turki, Inggris atau Perancis. Dokumen-dokumen resmi harus sudah disahkan pihak berwenang atau oleh Kedutaan Besar Turki.C.

Aplikasi Beasiswa Penelitian

1. Mengisi empat lembar formulir beasiswa dan masing-masing dilampiri pasfoto 4×6

2. Dua fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir

3. Dua fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir

4. Dua lembar curriculum vitae

5. Dua surat rekomendasi dari 2 profesor, masing-masing 2 lembar

6. Dua berkas proposal penelitian

7. Surat keterangan kesehatan

8. Satu pasfoto ukuran 4×6

9. Fotokopi paspor bagian identitas serta halaman lain yang terdapat stempel resmi di atasnya, jika tidak memiliki paspor dapat melampirkan kartu identitas resmi yang lain

10. Ijazah TOMER jika punya
Catatan: Berkas nomor 2 sampai 6 harus diterjemahkan ke dalam salah satu dari bahasa Turki, Inggris atau Perancis. Dokumen-dokumen resmi harus sudah disahkan pihak berwenang atau oleh Kedutaan Besar Turki

D. Aplikasi Summer Course
1. Mengisi formulir beasiswa dan melampirinya dengan pasfot 4×6

2. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan kesehatan

4. Satu pasfoto ukuran 4×6

5. Fotokopi paspor bagian identitas serta halaman lain yang terdapat stempel resmi di atasnya, jika tidak memiliki paspor dapat melampirkan kartu identitas resmi yang lain

Catatan: Berkas nomor 2 dan 3 harus diterjemahkan ke dalam salah satu dari bahasa Turki, Inggris atau Perancis. Dokumen-dokumen resmi harus sudah disahkan pihak berwenang atau oleh Kedutaan Besar Turki

Sumber: digm.meb.gov.tr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: